Rabu, 01 April 2015

Sebuah Implementasi Pembelajaran Saintifik



Mengenal Lebih Dekat
Belajar 
Nulis Puisi
“Sebuah Implementasi Pembelajaran Saintifik”


Tulis puisi secara baik bukan suatu hal yang datang secara autodidak, melainkan suatu hal yang berproses dari kebiasaan. Puisi sebagai bentuk ungkapan pemikiran penulis akan suatu hal dengan mempertimbangkan aspek diksi dan pemaknaan. Bagi siswa sekolah menengah kelas VII atau sebagai pemula yang ingin belajar menulis puisi, hilangkan pandangan bahwa menulis puisi itu sulit. Ubah pola pikir ke arah yang lebih santai, anggaplah seperti bermain dan berpetualang dengan kata-kata. Perlahan tulislahlah ke dalam media tulis apapun dengan tujuan sebagai bukti otentik dari adanya sebuah proses belajar menulis puisi. Melalui Buku Panduan Menulis Puisi ini proses belajar menulis puisi dikemas dengan mengkombinasikan dengan pembelajaran saintifik yang mengusung adanya lima tahapan secara ilmiah yang menekankan pada pendidikan karakter. Kelima tahapan itu diantaranya mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Bahan ajar berupa buku panduan menulis puisi untuk sekolah menengah kelas dasar ini didesain agar menjadi bahan ajar yang sesuai dengan kondisi belajar siswa yang bertumpu pada basis kompetensi pada KTSP dan relevansi pendekatan dengan pembelajaran saintifik K 13.