“Sebuah
Implementasi Pembelajaran Saintifik”
Tulis puisi secara baik bukan
suatu hal yang datang secara autodidak, melainkan suatu hal yang berproses dari
kebiasaan. Puisi sebagai bentuk ungkapan pemikiran penulis akan suatu hal dengan
mempertimbangkan aspek diksi dan pemaknaan. Bagi siswa sekolah menengah kelas
VII atau sebagai pemula yang ingin belajar menulis puisi, hilangkan pandangan
bahwa menulis puisi itu sulit. Ubah pola pikir ke arah yang lebih santai, anggaplah
seperti bermain dan berpetualang dengan kata-kata. Perlahan tulislahlah ke
dalam media tulis apapun dengan tujuan sebagai bukti otentik dari adanya sebuah
proses belajar menulis puisi. Melalui Buku Panduan Menulis Puisi ini proses
belajar menulis puisi dikemas dengan mengkombinasikan dengan pembelajaran
saintifik yang mengusung adanya lima tahapan secara ilmiah yang menekankan pada
pendidikan karakter. Kelima tahapan itu diantaranya mengamati, menanya,
menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Bahan ajar berupa buku panduan menulis
puisi untuk sekolah menengah kelas dasar ini didesain agar menjadi bahan ajar
yang sesuai dengan kondisi belajar siswa yang bertumpu pada basis kompetensi
pada KTSP dan relevansi pendekatan dengan pembelajaran saintifik K 13.